Hiromu Arakawa, sapi.. =D

Atas request salah seorang teman tentang profil Arakawa sensei, post ini ditulis..

Hiromu Arakawa, dialah orang dibalik munculnya Elric Bersaudara, Edward dan Alphonse. Yap! Hagane no Renkinjutshushi atau yang lebih dikenal dengan Fullmetal Alchemist (FMA) merupakan salah satu karya Arakawa sensei yang banyak digemari pecinta anime dan manga dengan tokoh utama si kontet (upss..). Karya-karya lainnya ada Stray Dog (1999), Shanghai Yōmakikai / Demons of Shanghai (2000), Raiden 18 (2005), Soten no Komori / a Bat in Blue Sky (2006), Juushin Enbu / Hero Tales (2006-2010), Hyakushou Kizoku / Noble Farmer (2008), serta Gin no Saji / Silver Spoon (2011). Meskipun aku penggemarnya Arakawa sensei, tapi yang dibaca baru FMA aja (*plak!!* belum jadi penggemar sejati sepertinya..). Baiklah, sebagai salah satu penggemarnya harus lebih banyak tau, ini data dirinya..

Hiromu Arakawa, lahir 8 Mei 1973 di Tokachi, Hokkaido, Jepang. Lahir dari keluarga petani dengan 5 saudara perempuan. Golongan darah: A. Dari kecil suka nggambar di buku pelajaran. Walaupun sekolah di perguruan tinggi pertanian dan membantu orangtuanya di pertanian selama 7 tahun, namun untuk mengejar mimpinya menjadi seorang mangaka ia pindah ke Tokyo dan bersumpah pada kedua orang tuanya tidak akan kembali sebelum bisa hidup dari menjadi seorang mangaka (wew!!). Karier sebagai mangaka dimulai dengan membuat doujin bersama teman-temannya , salah satunya Zhang Fei Long. Kemudian membuat manga-manga pendek (yang dikenal dengan 4koma) yang dimuat di majalah Gamest (Arakawa sensei menggunakan nama pena Edmund Arakawa). Setelah itu ia menjadi asisten mangaka Hiroyuki Eto, dan akhirnya membuat karya-karyanya sendiri, yang sudah disebutin di atas…..

Pertama baca FMA (sampe volume ke-sekian.. udah jauh bgt ceritanya), dalam benak ku si Arakawa sensei ini laki-laki.. eeehhh..ternyata salah! Sensei yang selalu digambarkan dengan seekor sapi ini ternyata perempuan. Sensei yang satu ini tidak kalah misterius dengan Motohiro Katou sensei, walaupun data dirinya lebih lengkap terungkap, namun wajahnya sangat jarang nongol di media, dan selalu digambarkan dengan sapi.. Beberapa foto perempuan cantik yang awalnya diduga merupakan wujud aslinya, ternyata adalah Paku Romi, seiyuu nya Ed di anime FMA.

sapi vs paku romi

sapi vs paku romi

Cuma ada satu foto wujud aslinya yang akhirnya diketahui banyak orang, diambil ketika dia memperoleh penghargaan untuk kategori shounen di Shogakukan Manga Award (2004). Ini dia….

2004 Shogakukan Awards

2004 Shogakukan Awards

Hiromu Arakawa sensei

Hiromu Arakawa sensei

Ada beberapa hal menarik tentang Arakawa sensei dari hasil googling….

Arakawa sensei pernah menerima surat dari penggemarnya, anak-anak di rumah sakit, yang menyatakan bahwa mereka merasa lebih baik setelah membaca FMA.. Dia sangat bangga bisa membahagiakan orang-orang lewat karyanya..

Namanya adalah HIROMI Arakawa, dan ia menggantinya dengan Hiromu agar menjadi lebih maskulin di telinga para pembaca Shounen..

Arakawa sensei sudah menikah dan mempunyai dua orang anak. Yang pertama, anak laki-laki, dan yang kedua (tidak diketahui laki-laki atau perempuan) lahir September 2011 lalu..

Ruang kerjanya sangat menakjubkan! Penuh dengan motif-motif sapi, dan di sana ada berbagai senjata asli.. Mungkin untuk referensi senjata-senjatanya Hawkeye, para militer, dan orang-orang Ishval di FMA..

ruang kerja Arakawa sensei

ruang kerja Arakawa sensei

Yap.!. terpenuhi sudah janji saya untuk mengulas Hiromu Arakawa sensei.. Untuk info lebih lanjut bisa lewat diskusi di kolom comment, atau googling2 lagi.. link ini dan yang ini sumber utama postingan ini…

Motohiro Katou Sensei (2)

Setelah baca Q.E.D 36 tadi malem, aku jadi makin penasaran dengan identitas Katou sensei. Kasus pertamanya tentang ‘anak panah’ yang sangat berbau fisika, dan kasus kedua tentang ‘sajak alkemis’ dari Arab. Ditambah kasus-kasus sebelumnya, yang berbau matematika, sejarah dan arkeologi (dalam C.M.B), jaringan informasi dan berita2 tentang negara2 di dunia (Rocket Man), semakin menegaskan bahwa wawasan Katou sensei sangat luas! Ada satu lagi yang bikin penasaran, tofuku-ji temple yang ada di volume 36 ternyata merupakan salah satu Kyoto Gozan (akan dibahas di postingan berikutnya) dan digambar mirip dengan aslinya.. Inilah yang membuatku memulai kembali pencarian identitas seorang Motohiro Katou..😕

Memasukkan keyword ‘Motohiro Katou’ pada search engine-nya google tidak menghasilkan banyak informasi. Seperti yang sudah disampaikan pada postingan sebelumnya, Katou sensei adalah seorang laki2, dan karya2nya selalu berbau matematika, fisika, ekonomi, sejarah, hukum, seni, budaya. Karya2 yang dipublikasikan: Q.E.D, C.M.B, Rocket Man, serta Actraiser (huamulan03.blogspot.com). Mengenai siapa Katou sensei lebih lanjut, tidak ada informasinya. Bahkan, informasi mengenai karya pertamanya, Actraiser, hanya sedikit. Tidak jelas genre nya apa, siapa saja nama tokohnya, bagaimana alur ceritanya. Yang pasti actraiser tamat di volume ke 3, pertama kali dipublikasikan di Jepang oleh Square Enix tahun 1994..🙂

Pencarian terus berlanjut.. Saya dan saudara saya mengarungi samudera informasi lewat internet (koneksi lagi bersahabat). Atas idenya lah kami mengganti keyword menggunakan tulisan kanji, 加藤元浩, dan menemukan informasi2 baru dalam tulisan2 kanji pula. Jelas, kami tidak bisa membacanya. Tapi dengan memilih opsi ‘terjemahkan laman ini’, maka beberapa informasi pun kami dapatkan *melalui terjemahannya yang..err..bisa coba diliat sendiri😀 Ternyata orang Jepang pun minim informasi tentang Motohiro Katou dan karya pertamanya, actraiser. Setelah sedikit bersusah payah (karna harus bolak balik ke translate.google.com), inilah informasinya..😀

Motohiro Katou ternyata seorang lulusan dari jurusan Arsitektur😯 Sumber informasi diperoleh di sini.

Actraiser, volume 1-3 (end). Genre: Fantasi, Magic. Sudo, yang sepertinya merupakan tokoh utama cerita, terseret dalam perang (holy war? ntahlah..). Informasi didapat dari sini.

Actraiser Vol1

Actraiser Vol1

Actraiser Vol2

Actraiser Vol2

 

 

Actraiser Vol3

Actraiser Vol3

Berkunjung ke salah satu forum di Jepang, ternyata member2 di sana pun bertanya2 tentang sosok Motohiro Katou (yang ternyata tidak pernah dipublikasikan!). Salah satu forum membahas tentang sebuah foto yang di dalamnya terdapat beberapa orang komikus saat menghadiri tour yang diadakan Kodansha, dan salah satunya adalah Motohiro Katou!! (sampe teriak histeris waktu pertama kali liat foto ini). Ayo tebak.. yang manakah Katou sensei..??

para mangaka

yang manakah Katou sensei??

Yak! Berdasarkan cerita para member di sana, yang tengah (rambut oren) adalah Hiro Mashima, mangaka Rave dan Fairy Tail. Yang baju putih adalah Fujishima Kosuke, mangaka Ah! My Goddess (walaupun kata salah satu member, fans nya Fujishima Kosuke protes bahwa Kosuke sensei bukan yang pake baju putih, setelah kami googling foto Fujishima Kosuke, yang paling mirip emang yang baju putih itu..). Yang paling kanan adalah Chiba Tetsuya, mangaka yang terkenal dengan manga2 sportnya, antara lain Boy Action (Ore wa Teppei) dan Ashita no Joe. Yang paling kiri, はやみねかおる, mangaka Cinderella at Midnight-Mephisto. Dengan demikian, Motohiro Katou adalah yang berkaca mata. Yak, selamat buat teman2 yang menebak dengan benar..😉

Menurut para member, dari kiri ke kanan: はやみねかおる(勇岭薰, Hayamine Kaoru), えぬえけい (安琉安崎, Enue Kei), 加藤元浩 (Motohiro Katou), 真岛浩 (Hiro Mashima), いくえみ绫 (育江绫, Aya Ikue), 藤岛康介 (Fujishima Kosuke), ちばてつや (千叶彻弥, Chiba Tetsuya). Sumber

Image nya sesuai dengan karya2nya yang berwawasan luas. Cerdas. Woww.. sugoi!! Terlepas dari kemungkinan bahwa yang foto di situ adalah seseorang yang diminta oleh Katou Sensei untuk menggantikan dirinya, demi menyembunyikan identitas sebenarnya..😀

-Q,E,D-

Di Balik Panasnya Kota Jambi

Beberapa hari terakhir, kota Jambi terasa sangat panas. Ternyata bukan cuma aku yang merasakannya, tapi hampir seluruh warga kota Jambi juga merasakan panas yang membakar kulit..😕 Dan jawaban atas hal yang membuat warga mengeluh tersebut diungkapkan dalam surat kabar Tribun Jambi, Rabu, 11 Mei 2011. Berikut rangkumannya..

Puncak panas terjadi pada Senin (9/5) kemarin yakni suhu mencapai 34.5 derajat Celcius. Sementara provinsi tetangga, kota Medan dan kota Pekanbaru lebih dahsyat lagi, yakni mencapai 36.3 derajat Celcius dan 36 derajat Celcius. Berdasarkan media harian kota Jambi tersebut, enam besar kota terpanas di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Medan, 36.3 derajat Celcius

2. Pekanbaru, 36 derajat Celcius

3. Jambi, 34.5 derajat Celcius

4. Manado, 34 derajat Celcius

5. Jakarta dan Surabaya, 33 derajat Celcius

6. Semarang, 32 derajat Celcius

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi, Muhammad Nur, menyampaikan bahwa suhu udara di kota Jambi tiga hari terakhir rata-rata 34.4 derajat Celcius (di atas suhu maksimal rata-rata kota Jambi, 33 derajat Celcius). Potensi kebakaran dapat terjadi pada cuaca seperti saat ini dengan tiga pemicu utama: oksigen, angin, dan suhu tinggi. Walaupun demikian, cuaca seperti ini belum dapat dikategorikan cuaca ekstrem, karena cuaca tergolong ekstrem apabila suhu mencapai 3 derajat di atas suhu maksimal daerah tersebut, 36 derajat Celcius untuk kota Jambi (hedeh! 34.5 derajat Celcius udah bikin meleleh :?)..

Apa yang menyebabkan cuaca panas tersebut? Menurut narasumber yang sama, penyebabnya adalah tropical storm yang ada di Filipina, yang menarik massa udara ke pusaran badai tersebut. Uap air yang ada akan berkurang, walaupun terbentuk awan akan segera pecah karena massanya tertarik ke pusaran badai tersebut. (pantas, meskipun pagi hari sering terlihat ‘agak mendung’, tapi hujan tak kunjung turun..). Panas matahari akan langsung menyinari bumi, dan bumi pun menyerap panas tersebut. Di malam hari, panas yang diserap bumi akan dilepaskan bersama uap air yang ada di atas.. (ini juga menjadi jawaban atas udara panas yang juga dirasakan di malam hari :?). Walaupun demikian, suhu berangsur-angsur mulai turun. Selasa (10/11) pukul 14.30 suhu kota Jambi berkisar 32 derajat Celcius dan angin sudah agak kalem.

*baca berita selengkapnya dari sumber

Panas-panas gini tidak menyurutkan niatku cuci mobil di siang hari, demi nyobain mesin cuci mobil yang baru dibeli..😀 Baca lebih lengkap di sini

Mainan Baru: Mesin Cuci Mobil

Kedatangan sebuah mesin baru menjadi ‘mainan’ yang menarik buatku. Menurut pengamatan mama, karakter ‘pantang menyerah’ selalu muncul sejak aku kecil, ketika aku tertarik dengan hal-hal baru (setelah diinget2, beberapa hal itu antara lain: mainan piano, keyboard, antena TV, parabola, mesin akuarium..)😀

Korban kali ini adalah mesin cuci mobil yang baru dibeli ;) begini ceritanya..

Mesin sudah diambil, cara kerja sudah dijelasin, tapi berhubung mobil mama baru dicuci di tempat cuci mobil, jadi si mesin belum bisa dipake. Tiba2 sepupuku telpon, pengen nyoba mesin itu buat cuci mobilnya.. “asikk..!! akhirnya tiba waktu untuk nyobain si mesin!”. Janjinya jam 9 pagi.. Tapi udah jam setengah 10 belum dateng juga.. Sampe jam 10, ada bunyi klakson, “din..diiiinnn..!!”, aku langsung lompat dari kursi, meninggalkan layar laptop..

Sip! saatnya beraksi.. Semua komponen udah dikeluarin dari tasnya:

komponen2 mesin

komponen2 mesin

Tahap selanjutnya merangkai alat. Masalah pertama muncul.. Ini mana yang lubang input, mana yang output ya? Walah.. buku petunjuknya kok ndak ada?? 10 menit berlalu.. 15 menit.. 20 menit.. Hedeh! Kok ndak mau masuk2 sih?!😡 padahal cuaca lagi panaaasss!! (baca juga tentang cuaca panas). Di sekitar menit ke-20, lewatlah tetanggaku yang suka menolong.. Alhasil langsung teriak manggil dan minta tolong, “om! ngerti cara pake alat ini? selangnya ndak bisa dipasang nih..” Si Om langsung turun dari motornya.. Padahal dia lagi buru-buru mau ke mana..gitu. Tapi tetep aja mau nolongin. Setelah dicoba sekitar 5 menit, akhirnya berhasil juga..🙂 Cara pasangnya bisa liat gambar di bawah ini:

mesin cuci mobil / motor

mesin cuci mobil / motor

cara pasang selang output

cara pasang selang output

Yak! selesai dipasang, si Om pamit pergi, tinggal aku berdua sama sepupuku lagi.. Perjuangan pun berlanjut..

Selang input udah masuk ke baskom berisi air, nyalain mesin, tunggu airnya keluar dari mesin baru sambungin selang outputnya >> nasehat dari Om2 yang kasih petunjuk waktu beli mesin.. 1 menit berlalu.. 3 menit.. 5 menit.. “Grrr.. kok airnya ndak keluar2 ya?!?”😡 Coba sekali lagi..dan lagi..lagi..tetep aja ndak bisaaa..!!

Penasaran. Masuk ke dalam rumah, duduk di depan laptop, internet masih nyala, googling deh.. Masukin keyword ‘cara kerja mesin cuci mobil’. Ntah karna cuaca panas ato emang penjelasan yang dicari ndak nongol2.. Cara lain, BUZZ!! tanya temen2 yang biasa ngobrol via YM! Ternyata ndak ada yang bener-bener ngerti juga.. Si Om yang kasih penjelasan kemaren ndak bisa dihubungi. Bingung. Akhirnya telpon ke kantornya.. dan ternyata ada satu penjelasan penting yang ndak direkam dalam ingatanku (jadi inget dedekind cut, baca QED). Salah satu ujung selang input dicelupin ke baskom berisi air, trus airnya harus ‘dipancing’ dulu biar ngalir (caranya: sedot airnya, kayak nyedot air minum gitu..) Sepupuku yang nyedot pertama😯 ampir ketelen airnya.. Yak! air udah ngalir, baru ujung selang input yang satu lagi dihubungin ke mesin. Pasang juga selang outputnya, nyalain mesin, tunggu sebentar.. Sip..!! Air pun muncrat dari ujung selang outputnya.. Saatnya mencuci mobil.. (tekanan airnya dahsyat!)😀 Untuk sabunnya, masukin sabun cuci mobil ke dalam air (Jangan dikucek2 sampe berbusa! Mesinnya bisa macet!), trus salah satu ujung selang input dipindah dari baskom berisi air ke baskom berisi air sabun.. Ntar dari selang output langsung keluar air berbusa..🙂

Hasil yang pertama emang belum memuaskan, maklum percobaan pertama. Tapi lumayan lah.. Kerak2 di kolong mobil udah agak bersih, bodi mobil udah kinclong, karpet dalem juga udah bersih..😉 Tips buat yang mau cuci mobil/motornya pake alat ini: pahami dulu cara merangkai alat, pahami cara kerjanya, dan cari waktu yang tepat untuk cuci mobil/motor (jangan siang bolong di bawah terik matahari yang sangat menyengat!!)😉

Eh, tips ‘memancing’ air supaya keluar dari selang inputnya (dengan cara disedot, kayak nyedot air minum) itu cara yang dikasih tau sama si Om yang kemaren.. Hati2 waktu nyedot, jangan kelewat semangat. Bisa2 ketelen airnya (pengalaman hampir ketelen, pas air sabun :mrgreen:). Setelah diinget2, dulu aku pernah diajarin (alm) papa tentang cara bersihin akuarium pake selang. Kayaknya cara ini sistemnya sama, jadi bisa dicoba tanpa ada resiko ketelen air sabun.. :p

alternatif cara 'memancing' air mengalir

alternatif cara 'memancing' air mengalir

Ryoan-ji Temple

Habis nonton salah satu channel TV, NHK World, yang ngebahas tentang Ryoan-ji Temple, langsung meluncur ke depan komputer dan ngetik reviewnya..😀 (kebetulan duluuu…banget, sekitar 1,5-2 tahun yang lalu, aku juga pernah baca tentang Ryoan-ji Temple dan beberapa temple lain di Jepang dalam salah satu buku di perpustakaan UGM). Review berikut berdasarkan tayangan NHK World dan secuil ingatan yang susah banget diinget sekitar 1,5-2 tahun silam.. 8)

Title: Exclusive garden of Kyoto, Sub title: Ryoan-ji temple, the most famous rock garden in Japan

ryoan-ji

ryoan-ji

Yap! Ryoan-ji temple merupakan salah satu taman di Kyoto, Jepang, yang paling terkenal. Walaupun terkenal, ternyata tanggal pasti konstruksi taman ini tidak ada yang tau! Dan ada beberapa spekulasi mengenai desainernya.. Kabarnya, setiap hari ada ratusan pengunjung yang datang.. Dari namanya, rock garden, jelas bahwa yang ditampilkan pada taman ini adalah ‘batu’. Kok cuma batu aja sampe ditontonin ratusan orang setiap hari sih?😕 (pertanyaan yang muncul di benak waktu baca buku tentang Ryoan-ji Temple). Ternyata emang ada kisahnya..🙄

Di bagian Ryoan-ji ada yang tergolong kategori Karesansui (dry garden / taman yang kering) dengan ukuran 25 m x 10 m. Di atasnya terdapat hamparan pasir dan 15 batu alam yang sepertinya tersusun secara acak. Setiap batu tampak sangat natural, bentuk dan teksturnya. Ke15 batu ini membentuk kelompok-kelompok kecil dalam susunannya, yang dapat diamati oleh pengunjung dari hojo, tempat tinggal mantan priest. Uniknya, dari sudut pandang mana pun, setidaknya ada satu batu yang tidak terlihat oleh pengunjung!😮

Dari namanya, Ryoan-ji (新字体 / 龍安寺), The Temple of the Dragon at Peace, beberapa orang percaya bahwa taman ini merepresentasikan seekor harimau yang membawa ‘mangsa’ menyebrangi kolam atau pulau-pulau di lautan. Beberapa orang lain percaya bahwa makna dari taman ini abstrak dan tidak terbatas, sehingga setiap pengunjung dapat duduk dan menikmati taman ini sambil membuat dan merenungkan sendiri maknanya sesuai persepsi masing-masing. Di tayangan NHK World tadi, ada yang merepresentasikan dua buah batu sebagai sepasang pasangan muda yang lagi ngobrol, ada juga yang merepresentasikan sebuah batu sebagai seorang anak dengan ibunya yang berbaring di sampingnya..🙂

pengunjung yang lagi 'menikmati' ryoan-ji

pengunjung yang lagi 'menikmati' ryoan-ji

Aneh memang, ratusan orang rela ngantri buat nonton batu-batu ini, merenung memikirkan maknanya.. Tapi mereka percaya bahwa hal ini bisa menjadi salah satu cara meditasi (menurut buku yang pernah aku baca. Wah..sayang lupa judulnya! Besok kalo ketemu lagi segera dikabarin).Waa.. aku sih juga pengen banget ke sana!!😥

Setelah mengamati, merenung, memikirkan.. Kesimpulanku, taman-taman di Jepang mencakup tiga unsur: tanaman, air, batu (kalo ada lagi boleh ditambahin). [Kutipan dari NHK World, “Everybody loves rock and nature.. Rock is friend who has his own life that reflected through the garden..] Unsur-unsur tersebut memunculkan kesan alam yang spektakuler (menurutku). Dari dalam ruangan, mereka dapat menikmati taman-taman mereka melalui jendela atau pintu geser yang disebut shoji, jadi ruang dalamnya terkesan menyatu dengan ruang luar..😆

Untuk tau lebih banyak, silahkan googling sendiri atau klik di sini, link ini, yang ini, link berikut ini, atau di sini..😀

Yotsuba&!

Pertama baca di rumah sepupu..langsung ketawa2 sendiri..😀 *thx for Debee :wink: Manga yang ‘ringan’, asik dibaca.. Manga karya Kiyohiko Azuma *karya lainnya: Inma no Ranbu (1997), Try! Try! Try! (1998-2001), Wallaby (1998-2000), Azumanga Daioh (1999-2002)* Mungkin dikasih judul Yotsuba&! atau Yotsubato! atau Yotsuba dan!, karena judul setiap chapternya Yotsuba dan ‘sesuatu’! :D Kata penggemarnya Kiyohiko sensei sih, Yotsuba&! sama kayak karya2nya yang laen, yang biasanya bergenre comedy dan slice of life.. (belum pernah baca karyanya yang laen sih.. Tapi kayaknya Azumanga Daioh banyak yang baca tuh..)

yotsuba&!

yotsuba&!

Yotsuba, anak perempuan berusia 5 tahun, diadopsi oleh Koiwai dari seorang nenek (ntah neneknya ato bukan, masih belum jelas). Ceritanya seputar keseharian si Yotsuba yang lucu,  aneh, menggemaskan, selalu bersemangat, dan lain sebagainya (anak2 banget deh!). Tapi, kalo baca ini ndak bakalan bosen2.. Malah jadi pengen tau kegiatan2 Yotsuba sama Koiwai, Jumbo & Yanda (temen2nya Koiwai), keluarga Ayase (tetangga mereka. Ada Asagi, Fuuka, Ena, orang tuanya), Miura (temennya Ena), Torako (temennya Asagi), Hiwatari / Miss Stake / Shimauu (temennya Fuuka), dan orang-orang di sekitar mereka🙂

Kata sepupuku sih, “sebenernya itu cerita kayak kerjaan kita2 waktu masih kecil..”😀 Emang iya sih.. Konyol2 gitu (maklum, masih anak2..) Manga ini banyak konyolnya juga. Kayak di chapter 3 (Yotsuba & Global Warming!), gimana Asagi kasih penjelasan tentang AC ke Yotsuba.. Ato di chapter 22 (Yotsuba & Duel!), waktu Koiwai vs Yotsuba maen jankenpon trus Koiwai vs Jumbo maen badminton.. Tapi selain kisah2 konyolnya yang asik dibaca, manga ini banyak pelajaran berharganya juga loh.. Antara lain: Chapter 15 (Yotsuba & Gifts!), yang ngingetin ‘jangan lupa berterima kasih ke orang yang baek sama kita’.. Chapter 68 (Yotsuba & Lie!), waktu Yotsuba bohongin Koiwai.. Koiwainya ngerti kalo Yotsuba bohong, tapi pura2 ndak ngerti, trus dengan ‘suatu’ cara dia bisa berhasil bikin Yotsuba ngakuin kesalahannya dan berkata jujur.. Ato di chapter 64 (Yotsuba & Pancakes!), tentang kerja keras Yotsuba bikin pancakes (pantang nyerah nih anak). Dan masihh banyak lagi..!! Selain itu, gambarnya juga enak diliat..😉

Sampe saat ini, di Indonesia udah keluar terbitan Elex sampe volume 10 (chapter 69). Katanya sih, terbitnya lamaaa bangettt. Bahkan ada yang 1 chapter sampe 2 bulan..! Jadi harus sabar nungguin..😦 Dan berhubung di kota tempat aku berada saat ini susah ngumpulin lengkap dari vol 1-10 nya, akhirnya aku melakukan hal yang sebelumnya belum pernah kulakukan (halah), download scanlationnya..!!😈 Terakhir sih udah sampe chapter 72..😀 Tunggu apa lagi?? Ayo cariii… dan bacaaa…. *ditunggu commentnya*😉

Kucing dan Kaca Riben

Apa hubungannya kucing dan kaca riben??

Sebenernya ini merupakan pengamatan pribadi yang baru terjadi tadi sore, sekitar pukul 16.30 WIB. Begini kisahnya..

Di sekitar rumahku ada banyak kucing liar. Walaupun kucing2 rumahku sudah ndak ada, tapi tetep aja kucing-kucing liarnya masih banyak. Sayangnya, kucing-kucing itu sangat penakut. Setiap didekati, mereka langsung pergi. Hanya ada satu kucing yang jinak dan mau didekati, namanya Snivelus *nama ini diambil dari nama panggilan Severus Snape, cerita Harry Potter. Berhubung si kucing lahir barengan sama kucing2ku yang dikasih nama Moony, Wormtail, Padfoot, Prongs🙂 Nah.. selain si Snivelus ini, kucing-kucing liar lainnya bener-bener liar dan tidak jinak!! Tadi sore, sekitar jam 16.30WIB, nampaklah salah satu kucing liar itu dari dalam kamar. Dia ada di dekat jendela kamar, yang ditutupi kaca riben. Kaca riben, sesuai dengan nama lainnya (kaca gelap), adalah kaca yang gelap, yang hanya tembus pandang pada salah satu sisi. Dari dalam bisa melihat ke luar, tapi dari luar tidak bisa melihat ke dalam.. Awalnya sih cuma iseng aja godain si kucing.. Eh ternyata kucingnya bingung.. Ada suara tapi ndak ada wujud😀 Ternyataa…si kucing, yang matanya lebih tajam daripada mata manusia, ndak bisa liat tembus kaca riben dari luar..! Soalnya, kalo dia liat pasti dia langsung kabur.. Dia kan penakut banget..😉 Dia malah penasaran.. Akhirnya langsung aku ambil kamera dijital di tas. Ini fotonya..🙂 *Sebenernya direkam juga sih.. Tapi sayang kalo mau ngupload video, blog wordpressnya harus diupgrade dulu. bayar..😦

si kucing

kucingnya bengong.. o.o